Home » cpns » Pengumuman CPNS 2014 - Tenaga Guru Berlebih – Padang Ekspres - PPCI

Tenaga Guru BerlebihPadang tak Ajukan FormasiCASN%20Kementeriansot Tenaga Guru Berlebih – Padang Ekspres Padang Ekspres • Rabu, 01/02/2012 11:56 WIB • Eka Rianto • 41 klik

Tan Malaka, Padek—Dinas Pendidikan Padang belum bisa memastikan apakah akan mengajukan usulan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) untuk formasi guru atau tidak. Hal ini disebabkan belum adanya surat resmi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang atau wali kota.

Kepala Dinas Pendidikan Padang, Dian Wijaya menegaskan Padang tidak kekurangan guru. Yang terjadi penempatan guru yang belum merata. Misalnya saja, di tingkat SMP terjadi kelebihan 299 guru dari berbagai mata pelajaran. Tingkat SMA mengalami kelebihan guru 325 orang, tapi untuk tingkat SD terdapat kekurangan guru 527 orang.

Seperti diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) tentang pengangkatan PNS/ASN pada tahun 2012 untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan pegawai kebutuhan mendesak.

Mengantisipasi hal itu, Disdik Padang telah berupaya meminta guru SMP untuk mengajar di SD. Saat ini tengah dilakukan pendataannya dalam upaya mengatasi kekurangan guru SD.

“Lebih baik tanyakan ke BKD Padang, apakah ada penerimaan guru atau tidak. Tapi hingga saat ini belum ada saya menerima surat resmi soal pengangkatan guru dan di Padang tidak kurang guru,” ujarnya.

Jika ada surat resmi dari BKD untuk mendata guru yang akan diangkat, kata Dian, barulah dikaji lagi. “Tapi, secara teknis, Padang tidak kekurangan guru meski masih ada kekurangan guru teknologi informatika dan komputer (TIK) 29 orang dan bimbingan konseling (BK) 33 orang pada tingkat SMP. Kekurangan itu bisa diatasi guru lain.

Secara terpisah, Kepala BKD Padang, Hiptonius mengakui belum ada surat resmi yang diterima soal penerimaan PNS/ASN ini.
Menurut kajian tahun 2011, Padang memiliki banyak PNS/ASN dan APBD Padang sudah melampaui 60 persen untuk menggaji PNS/ASN yang ada. Ini menandakan Padang mengalami moratorium dan diperkirakan untuk tahun ini juga masih terjadi.
”Jadi saya belum bisa memberikan komentar,” ujarnya ketika dihubungi lewat ponselnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Syamsu Rizal mengaku tidak memiliki data jumlah guru dan belum bisa mendata kekurangan guru atau kelebihan guru. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Padangpariaman ini mengarahkan Padang Ekspres untuk meminta data ke Dinas Pendidikan kabupaten-kota.

“Hal ini karena pendataan dan kewenangan guru diserahkan ke masing-masing daerah,” tukasnya.
Pengamat Kebijakan Publik dari UNP, Eka Vidia Putra mengingatkan Pemko tidak perlu memaksa penambahan guru jika jumlah guru telah cukup. Dana yang diperuntukkan untuk gaji PNS/ASN ini lebih baik dianggarkan untuk peningkatan mutu pendidikan.

”Untuk apa jumlah banyak, tapi tidak berkualitas. Jangan difokuskan pada penambahan, pemerintah harus bijak untuk peningkatan. Apalagi, kepala Dinas Pendidikan Padang mengakui telah cukup jumlah guru,” imbuhnya. (*)

[ Red/Redaksi_ILS ]



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Post a Response

Read previous post:
Pengumuman CPNS 2014 - Penyerahan SK CPNS Kab Pasaman Barat 2012 - PPCI

Senangnya yang menjadi PNS/ASN setelah lama statusnya sebagai CPNS/CASN. Sebanyak 625 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN) di lingkungan Pemerintah...

Close