Home » cpns » Pengumuman CPNS 2014 - Surabaya, Pemprov, dan Sidoarjo Tes Pakai Komputer CAT - PPCI

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di wilayah Jawa Timur dibuka mulai Senin (16/9). Dalam tes kali ini berbeda dalam sistem penerimaan tahun-tahun sebelumnya. Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkab Sidoarjo akan menggunakan tes seleksi melalui komputer. Sistem ini disebut dengan Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Akmal Budianto mengatakan, penerapan sistem ini sangat membantu pihaknya sebagai pelaksana. Diyakini sistem ini akan mengikis kecurangan dalam penerimaan CPNS.

“Ini akan menutup peluang terjadinya titip-menitip CPNS, sebab hasilnya bisa langsung diketahui langsung oleh peserta maupun panitia,” katanya, Jumat (13/9).

Menurutnya, meskipun terbilang baru diterapkan tahun ini dalam seleksi CPNS di Jatim, CAT tidak akan menyulitkan penggunaannya bagi para peserta. Bila pun terjadi komputer yang ngadat, masih ada komputer cadangan. Bahkan, meski pindah tempat duduk, jawaban peserta akan tetap ada dan tidak hilang atau berubah.

“Sistemnya nanti dibagi beberapa sesi, peserta akan bergantian mengerjakan soal dalam CAT itu. Satu peserta satu komputer,”  terangnya.

Soal yang akan diujikan dengan sistem CAT itu sebanyak 100 buah soal yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum dan tes karakteristik pribadi. Masing-masing peserta mendapatkan urutan nomor soal yang diacak, sehingga tidak ada kesamaan antarsoal yang diterima peserta satu dengan peserta lainnya.

“Mereka juga tidak akan bisa nyontek jawaban satu sama lain,” katanya.

Hingga saat ini, 3 instansi dipastikan telah siap menggunakan sistem CAT dalam penerimaan CPNS, yakni Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya dan Pemda Sidoarjo. Sementara beberapa daerah lain yang juga mendapat kuota penerimaan CPNS belum ada kepastian penggunaan sistem itu. Mereka adalah Pemkab Jember, Pemkot Mojokerto, Pemkab Mojokerto, Pemkab Pamekasan, Pemkab Tuban, Pemkot Blitar, Pemkot Kediri, Pemkot Malang dan Pemkot Probolinggo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penerimaan CPNS akan dimulai pada tanggan 16 September besok untuk tahap pendaftaran dan akan ditutup pada 24 September. Setiap peserta bebas mendaftar di daerah mana pun tanpa terikat dengan domisili dalam kartu tanda penduduknya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Post a Response

Read previous post:
Pengumuman CPNS 2014 - Wamenpan-RB Kritik Lelang Jabatan - PPCI

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo berpendapat bahwa lelang jabatan dapat memicu resistensi internal. Bahkan,...

Close