Home » cpns » Pengumuman CPNS 2014 - Pemprov Jatim Buka Pendaftaran CPNS 2013 - PPCI

Masyarakat yang ingin mengabdi sebagai aparat pemerintah di lingkungan Pemprov Jatim harus secepatnya menyiapkan diri. Pasalnya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jatim 2013 segera dibuka.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Jatim Akmal Boedianto mengatakan, pentingnya calon pendaftar mempersiapkan diri, karena pendaftaran CPNS 2013 akan dibuka 16 september sampai 27 September. “Nah, selama 11 hari pendaftaran tersebut, silahkan masyarakat mendaftar,” ujarnya

Menurut Akmal, dalam rekruitmen CPNS Pemprov Jatim 2013 ini, terdapat 585 kuota yang disediakan. Dari jumlah itu, 60 persennya atau 351 formasi akan diisi oleh bidang kesehatan. Seperti, dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, operator kesehatan, terapis, dan formasi bidang kesehatan lainnya. “40 persen sisanya baru formasi non kesehatan, seperti, analis, manajemen, akuntan, dan hubungan internasional,” jelasnya.

Selain 585 formasi lewat jalur rekrutmen umum tersebut, Pemprov Jatim, kata Akmal juga menyelenggarakan rekruitmen CPNS 2013 melalui jalur honorer K2. “Kuotanya 307,” imbuhnya.

Pengangkatan honorer K2 berbeda dengan honorer. Untuk dapat diangkat, K2 wajib mengikuti tes seperti formasi umum. Mereka yang lolos tes berhak diangkat sebagai CPNS. Jadi tidak semua honorer K2 yang diangkat CPNS. “Makanya pengangkatan honorer K2 dilakukan secara bertahap, mulai 2013 sampai 2014 nanti,” tukasnya.

Kriteria honorer K2, yakni mereka yang bekerja di instansi pemerintah dan diangkat oleh pejabat berwenang, dengan masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus. Usia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006.

Saat ini, honorer K2 menumpuk untuk posisi guru, perawat, dan tenaga teknis. Di Jatim, jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan ribu. Di Surabaya saja jumlah K2 mencapai sekitar 3.200, di mana sebagian besar adalah guru.

Dikatakan Akmal, setelah mengikuti pendaftaran, seleksi atau tes CPNS Pemprov Jatim 2013 akan digelar 3 Oktober, dengan sistem computer assisted tes (CAT). Yakni, pelamar langsung menjawab soal ujian di depan komputer. Agar tidak ada praktik curang, ID login baru diberikan saat peserta di depan komputer. bagi yang belum mengetahui bentuk CAT, dapat mengikuti tryout yang dilaksanakan oleh cpnsonline Indonesia yang beralamat di www.cpnsonline.com

“Mereka yang dinyatakan lolos tes CPNS, akan diumumkan 27 Oktober 2013,” tegas Akmal.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Post a Response

Read previous post:
Pengumuman CPNS 2014 - PNS Berkesempatan Sekolah di Luar Negeri - PPCI

Menikmati kuliah di luar negeri kini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah pusat menyediakan beasiswa untuk PNS yang ingin...

Close